Banner

Cara Menyusui

Posisi Menyusui - crade hold

Maleeeem ibu-ibu bapak-bapak, seperti udah kami kabarin tadi siang, malem ini mau #bahasASI tentang #teknik menyusui. Yuk yuk merapat..

Rencananya tiap Rabu kami mau #bahasASI yg topiknya diusahakan berurutan dari awal. Doain konsisten ya, hehe.. Rabu lalu kami bahas #IMD lho

Hari ini kita obrolin teknik menyusui, posisi dan pelekatan ya. Seperti remeh tapi penting banget demi ngASI lancar jaya. #bahasASI #teknik

Sebelumnyaa.. Siapa yg dulu waktu pertama menyusui baru sadar bahwa ternyata tau tentang teknik2 menyusui itu penting? #bahasASI #teknik

Kl gatau samsek? 🙂 “@Beexyng: udah baca banyak, ikutan kelas laktasi dan praktek pake boneka segala min. Praktek rilnya jauuuuh lebih susah

Iyaa, memang ada beberapa kunci yang perlu kita ketahui agar ASI mengalir lancar ke mulut bayi saat dia menyusui. #bahasASI #teknik

Karena bisa saja kita merasa bayi menyusu dengan kuat, padahal tidak banyak ASI yang masuk ke mulutnya. #teknik [F1] #bahasASI

Karena teknik yang belum “tepat” bisa saja ada banyak ASI di dalam PD tapi sulit dikeluarkan, kita mengira ASI “kurang”. #bahasASI #teknik

Teknik yang “tepat” akan memudahkan bayi menyusu. Bayi kenyang dan tenang, orang dewasa di sekelilingnya pun senang 😀 #bahasASI #teknik

Pertama, kita kenali dulu yuk berbagai posisi menyusui, kita bisa pilih mana aja yg paling nyaman utk kita dan bayi. #bahasASI #teknik

1| Cradle hold. Orang kita banyak pake posisi ini, tapi itu bukan berarti semua orang pasti nyaman pake posisi ini. #bahasASI #teknik

Pada Cradle hold kita mgkn sulit mengatur kepala bayi dan mengarahkannya ke payudara ibu so jangan ragu coba posisi lain. #bahasASI #teknik

tehnik-menyusui12 | Cross cradle hold. Utk bayi kecil atau sakit posisi ini bisa jadi lebih mudah.

tehnik-menyusui2

3| Football hold. Jika bayi sulit melekat, posisi ini bisa dicoba. Jg utk bayi kembar atau jk saluran ASI tersumbat. #bahasASI #teknik

E gambar football ketinggalan. Utk bedain posisi2 tadi lihat posisi tangan & PD mana yg disusukan. #bahasASI #teknik

tehnik-menyusui34| Tiduran menyamping. Utk kalo ibu ingin menyusui sambil istirahat, atau setelah operasi Caesar. #bahasASI #teknik

tehnik-menyusui45| Biological nurturing/laid back position. Kita taro bayi gitu saja di dada dan biarkan ia melekat sendiri. #bahasASI #teknik

tehnik-menyusui5

Menurut penelitian no.5 adalah posisi paling natural dan paling nyaman utk kebanyakan ibu yg baru melahirkan. #bahasASI #teknik

Pada no.5 kita tidak perlu banyak mengatur posisi bayi, sementara utk posisi lain ada 4 poin yg perlu diperhatikan. #bahasASI #teknik

1| Kepala dan badan bayi harus satu garis lurus. – Bayi akan lebih nyaman menelan ASI kalau kepalanya gak menoleh. #bahasASI #teknik

2| Tubuh bayi didekap dekat dengan tubuh ibu – Kalau jauh bayi cenderung hanya “menangkap” puting saja. #bahasASI #teknik

3| Ibu menopang seluruh tubuh bayi, bukan hanya kepala dan bahu. #bahasASI #teknik

4| Bawa bayi menghadap payudara, hidung berhadapan dengan puting. #bahasASI #teknik

(Poin 3) Emang kenapa kalo cuma nyusu di puting? … Utk bisa mengeluarkan ASI dgn baik lidah bayi perlu mencapai areola. #bahasASI #teknik

Jika bayi memasukkan cukup banyak areola ke mulutnya, ASI akan keluar lancar, dan payudara nyaman (tidak perih/lecet) #bahasASI #teknik

Utk masukin PD ke mulut bayi, tunggu sampai mulut bayi terbuka lebar dan dekatkan kepalanya hingga PD masuk mulutnya. #bahasASI #teknik

Gambar cara memasukkan payudara ke mulut bayi kurang lebih gini. Fokus ke memasukkan areola di bawah puting #bahasASI #teknik

tehnik-menyusui6Ini juga contoh cara mendekatkan mulut bayi ke payudara… #bahasASI #teknik

tehnik-menyusui7Mungkin kita perlu menyangga payudara dan memasukkannya  seperti ini… #bahasASI #teknik

tehnik-menyusui8

Tanda bayi sudah melekat dgn baik: 1. Daerah areola yg terlihat di atas mulut bayi lebih luas drpd di bawahnya #bahasASI #teknik

Kadang disebut juga “”asymmetrical latch” karena areola yang kelihatan gak simetris. #bahasASI #teknik

2. Mulut bayi terbuka lebar 3. Bibir bayi terputar keluar (dower) 4. Dagu bayi nempel ke payudara #bahasASI #teknik

tehnik-menyusui9

Ayahnya bisa bantu ngecek-in pelekatan bayi udah ok atau belum, bisa dilihat dari samping, kayak gini… asimetris #bahasASI #teknik

Kalau bayi sudah melekat dgn baik, kita bisa melihat ada gerakan menelan, bahkan bisa mendengar bunyi tegukan. #bahasASI #teknik

Kita juga dapat merasakan payudara yg tadinya terisi jadi “kosong”. Bayi rileks, melepas PD sendiri, mgkn tertidur. #bahasASI #teknik

Sebelum pulang ke rumah baiknya kita pastikan cara menyusui kita sudah dinilai ok oleh konselor menyusui di situ. #bahasASI #teknik

Jangan ragu untuk terus berkonsultasi sampe menyusui dirasakan benar-benar nyaman dan mantapss. #bahasASI #teknik

Proses menyusui sudah OK JIKA sejak hari VI pipis bayi min. 6kali/24jam & dalam 2mgg beratnya sudah balik ke berat lahir. #bahasASI #teknik

Segitu dulu ya tuips, silakan kalau ada yg belum jelas atau mau dikoreksi hehe..

Btw beberapa gambar yg tadi di-twit si saya yg nggambar lo, bagus gak? #pentinggaksih :p

Btw ngobrolnya lanjut entar ya, suasana rumah makin tak terkendali nih ditinggal ngetwit hihihi.. Semoga bermanfaat. Good night, wassalaam!

Populer

Follow Us on Twitter