Banner

KULWAP 4: Cara Membaca KMS WHO

A. Kenapa sih kita bahas ini?

Karena memantau tumbuh kembang anak amatlah penting. Kurva pertumbuhan menjadi gambaran pertumbuhan anak, sehingga kita dapat mengetahui bagaimana pertumbuhan mereka dan mengenali apakah ada masalah atau tidak.

Tugas siapakah menggambarkan kurva tumbuh anak? Tugas nakes dan ortunya, terutama ortu karena ortu lebih aware akan tumbuh kembang anaknya.

B. Apa yang bisa digambarkan oleh kurva tumbuh anak?

Kurva pertumbuhan anak menggambarkan kondisi perkembangan fisik anak. Kurva ini membandingkan pengukuran anak dari berat badan, panjang atau tinggi badan, lingkar kepala. Pengukuran ini membandingkan ukuran anak-anak pada usia yang sama dan jenis kelamin yang sama dan membandingkan hasil pengukuran sebelumnya, sehingga dokter dapat menentukan apakah anak mengikuti pola pertumbuhan keseluruhan atau tidak.

Kurva pertumbuhan ada yg dikeluarkan oleh CDC dan ada yang dikeluarkan oleh WHO. Untuk kurva WHO digunakan pada usia bayi hingga dua tahun karena ini lebih akurat sementara di atas usia 2 tahun gunakanlah kurva dari CDC. Namun di Indonesia kurva WHO digunakan hingga usia 4 tahun dan tahun kelima hingga remaja digunakan kurva CDC

C. Mari kita kenali bagian-bagian kurva (gambar2 akan diberikan stlh postingan ini)

Kurva pertumbuhan mengandung garis-garis berbentuk parabola sejumlah 5 garis, masing-masing garis merepresentasikan persentil.  Persentil mengartikan berapa persen bayi dengan berat di atas garis tersebut dan berapa persen bayi di bawah garis tersebut.

Misalnya, bayi ada di persentil 40 maka, ada 40% bayi memiliki berat sama atau lebih rendah dari bayi kita dan 60% bayi berada di atas berat bayi kita. Semakin tinggi persentilnya maka semakin besar perbandingannya dengan bayi kita. Jika bayi kita ada di persentil 50 artinya berat bayi kita tepat di antara populasi yang rendah dan yang tinggi dibandingkan berat bayi kita.

Jika kita memiliki KMS posyandu di bagian bawah ada kotak-kotak yang menyatakan ada penambahan berat badan atau tidak dan kotak yang berisikan keterangan. Sehingga dapat diketahui apa yang terjadi ketika berat bayi kita tidak naik.

Rating persentil bukanlah nilai status gizi, namun menunjukan bahwa bayi kita ada di populasi yang mana. Hal ini dipengaruhi berat lahir dan genetik orang tuanya. Jika, berat lahir bayi ada di persentil 25 misalnya maka kita perlu perhatikan apakah selama pertumbuhannya dia tetap mengikuti garis itu atau tidak. Jika tidak sesuai maka perlu dievaluasi.

Selain garis-garis parabola dalam kurva juga ada sumbu x yang merepresentasikan usia per bulan dan sumbu y yang merepresentasikan berat badan,panjang badan,lingkar kepala. Berdasarkan kedua sumbu ini maka kita dapat memberi titik temu pada garis kurva atau memplotkan ukuran sesuai usia bayi kita.

Contoh Cara membaca :

Gambar sebelah kiri dan kanan menunjukan perubahan bentuk kurva, harapannya kurva sesuai status awal (contoh 1)
Gambar sebelah kiri dan kanan menunjukan perubahan bentuk kurva, harapannya kurva sesuai status awal (contoh 1)
contoh 2
contoh 2

Contoh 2
a.    Status awal berat badan di persentil 50, anggaplah yg di gambar status awal adl berat lahirnya
b.    Harapannya berat bayi mengikuti persentil 50 (contoh 2)

contoh 3
contoh 3

Contoh 3
a.    Status awal beratnya di luar kurva
b.    Harapannya kenaikan sesuai status awal tidak mengikuti ke atas
c.    Jika mengikuti garis kurva anak cenderung obesitas
d.    Lihat juga kurva panjang badan sesuai umur dan berat sesuai panjang badannya, kalau semua dalam komposisi yang sama kemungkinan besar bayi kita memang berada di luar kurva (contoh 3)

contoh4
contoh4

Contoh 4
a.    Status awal di luar kurva, namun tinggi badan sesuai usianya dan berat sesuai tinggi badan akan tampak di bawah atau kurus maka status awal ini perlu diperbaiki
b.    Harapannya berat badan naik hingga berat sesuai tinggi badan juga naik
c.    Akhirnya berat sesuai kurva seharusnya

contoh5
contoh5

Contoh 5
Mirip gambar 4

D. Jadi, menentukan status gizi anak tak cukup hanya dari satu kurva, kurva bb sesuai usia bantu lihat trend kenaikan bb namun tak bs simpulkan bahwa gizi anak kurang.

Perlu sekali menilai pertumbuhan panjang badan dan berat sesuai panjang badannya serta lingkar kepalanya. Keempatnya memberikan info keseluruhan apakah anak kita gizi baik perawakan normal, gizi baik perawakan pendek, dsb.

Silakan didonlot gambar2 kurva WHO di link berikut ya: http://www.who.int/childgrowth/standards/

Kemudian mulailah plot bb/pb/lingkar kepala sesuai usianya dan bb sesuai panjang badannya di kurva masing2. Jika ada ketidaksesuaian langsung tunjukan pada nakes yang menangani anak2. Perlu diingat pertumbuhan 1000 hari pertama adalah masa emas, masa dimana otak tengah aktif berkembang, jika ada hal yg perlu diperbaiki perbaiki segera caranya kita perlu mengenali atau mendeteksi apakah ada masalah atau tidak melalui kurva2 pertumbuhan ananda

Perlu diingat dari bbrp pertanyaan yg masuk saya perlu sampaikan. Bahwa menilai status gizi perlu sekali melihat semua kurva yg ada, dan perlu bbrp kali pengukuran, tidak ckp hanya KMS posyandu saja atau kurva bb saja.

Kulwapp ini bertujuan agar kita semua rajin2 plot pertumbuhan ananda. Sehingga ketika melandai atau stagnan lsg ketahuan dari awal dan cari tahu sebabnya.

=================

SESI PERTANYAAN:

PERTANYAAN: saya defi dari jaksel.
mau bertanya, anak saya umur 5.8 bulan bb : 15 tinggi : 115, waktu lahir bb : 3 kg, panjang : 50 cm. stagnan terus bb skrg, riwayat ada asma, anak ceria, makan gampang (durasi lama sampai 1 jam) 1. apakah normal atau sesuai kurva ?
2. bagaimana cara menaikan bb nya ?
3. apakah kurus/gemuk dari keturunan juga ?
terima kasih

 

JAWABAN: Terimakasih atas pertanyaannya.
1. Normal atau tidak tak bisa dilihat dari sekali pengukuran dan perlu menilai semua jenis kurvanya. Perlu memiliki minimal 3 kali pengukuran berturut untuk bisa melihat kurvanya.  Jika semua jenis kurvanya berbentuk parabola mulus sedari awal maka bs dipastikan status gizinya baik.
2. Cara menaikan bb dgn atasi sebabnya. Sebab bb stagnan bisa karena :
a. Asupan belum sesuai kebutuhan apakah itu masa asi eksklusif atau masa asi dan mpasi. Maka perlu evaluasi proses menyusui dan mpasinya
b. Kondisi medis yg menyertai misalnya anemia, tb paru, dan penyakit2 kronis lainnya.
Sehingga bb stagnan perlu evaluasi bersama Sp.A, konselor laktasi dan mpasinya
3.    Gemuk / kurus ya dipengaruhi genetik jg. Jika memang Ayah Bundanya selalu berada di persentil 25 ke bawah dalam kurva di masa anak2nya ada kemungkinan anak2nya jg demikian.
Anak saya laki2 usia 3 tahun, blm lancar bicara. Masih 1 kata 2 kata. Keseharan baik. Apa sebabnya? Dan apa yg mesti sy lakukan lagi, mengingat sy sdh sering ajak anak bicara.

——-

Terimakasih atas pertanyaannya. Bahasan kita kali ini adalah tentang membaca kurva tumbuh. Mengenai perkembangan belum kita bahas disini. Perkembangan bahasa anak perlu dinilai respon aktif dan pasifnya, apakah anak mampu mendengar dengan baik, paham atau tidak. Stimulasi yg diberikan selain diajak bicara juga dpt diajak baca buku, mendongeng, dan setiap melakukan kegiatan bersama anak diajak mengenali kegiatannya misal ketika memakai baju “Hari ini bunda pakaikan baju gambar gajah untuk adik, setelah pakai baju nanti kita sarapan”. Mengingat usia 3 tahun sudah mampu berbicara kalimat sederhana ada baiknya bunda konsultasi dgn Sp.A ahli tumbuh kembang untuk melihat lebih dalam

=====
PERTANYAAN: Kalau bayi obesitas saat masih asi eksklusif 6bulan pertama itu bahaya atau tidak ?
Klo bahaya apa tindakan ortu untuk menurunkan bb nya ?

JAWABAN: Bayi asi eksklusif dimana bayi berusia 0-6 bulan mendapatkan sumber nutrisi asi saja kurva kenaikan berat badan akan sesuai.  Ketika kenaikan berat badan tampak meningkat tajam maka bunda perlu tinjau juga di kurva panjang badan dan berat badan sesuai panjangnya.

Obesitas pada anak asi eksklusif jarang terjadi, selepas 3 bulan kenaikan tidak sebanyak di awal bahkan ketika anak 6 bulan kenaikan smkn berkurang dan akan mencapai kurva idealnya.

====
PERTANYAAN: Saya Tasya dari Jaksel.
Pertanyaan: apakah yg dimaksud gagal tumbuh? Apa pengaruhnya ke anak?
Bayi saya skrg usia 3minggu dan bb blm kembali ke bb lahir.

JAWABAN: Gagal tumbuh adalah berat badan tidak naik dalam 2 kali pengukuran berturut2 dan memotong kurva di persentil bawahnya, misal bb usia 1 m 4 kg, usia 2 bln 4 kg jg. Target kenaikan bb setelah lahir adalah di usia 2 minggu berat bayi kembali ke berat lahir. Jika belum kembali perlu dievaluasi penyebabnya apa. Apakah ada masalah dalam proses menyusuinya atau tidak,dsb. Silakan temui konselor laktasi terdekat.

=====
PERTANYAAN: Siang, saya yulita dari serpong
Anak saya 19 bulan, bb 10 kg, tb 88 cm.
Yg saya ingin tanyakan :
Bagaimana metode baku prosedur mengukur lingkar kepala?
Apa ada aturannya.
Misal brp cm dari bawah dahi.
Karena kadang antar pegawai kesehatan tdk sama sehingga menyebabkan hasil yg fluktuatif dan tdk bs tergambarkan..
Terima kasih

JAWABAN: Terimakasih ataa pertanyaannya. Cara mengukur lingkar kepala:
1. Gunakan pita ukur, dimana ukuran cm menghadap jidat anak agar tidak bias
2. Lingkarkan pita ukur melingkari belakang kepala yg paling menonjol,kepala sisi atas daun telinga, pertengahan jidat

=====
PERTANYAAN: Anak saya tanggal 14 bulan, bb badan lahir 2,8kg panjang 50cm, BB dan PP terakhir saat usia 1th 8,6kg dan 70cm, apakah normal sesuai dg kurva? Kemudian bagaimana cara atau adakah makanan yg bisa membantu menambah panjang atau tinggi badan anak? Terimakasih

JAWABAN: Kita baru katakan sesuai jika ada 3 pengukuran berturut2 ya bunda.  Untuk menilai tinggi badan diperlukan juga penilaian kurva berat sesuai panjang badannya. Jika kurva berat badan sesuai dgn panjang badannya, kurva berat badan sesuai usianya namun kurba panjang badan lbh rendah persentilnya dari kedua kurva lain, kemungkinan status gizinya baik dengan perawakan pendek. Perawakan pendek ini bisa karena genetik, jd perlu ditinjau ke depannya bagaimana potensial tinggi genetik dari kedua orangtuanya. Bunda nanti coba plotkan keempat kurva selama 3 bulan berturut2 dan perhatikan ada di persentil mana ketiganya.

=====
PERTANYAAN: Sy ibu Ridla, anak sy Laki-laki usia 2th 9bln.
BB: 10,2kg
TB: 83 cm
LK: 47 cm
1, apakah termasuk normal? Atau ada bakat pendek?
2. Anak sy pernah tes darah, dan hasilnya:
Hemoglobin 11,5 g/dl (rendah)
Trombosit 385000 /ul (tinggi)
Apakah hb rendah dandan trombosit tinggi itu mempengaruhi rendahnya bb anak?

JAWABAN: 1. Normal atau pendek perlu melihat bbrp pengukuran bunda. Tidak bs hanya satu kali pengukuran. Karena kita perlu tahu apakah anak mengalami penurunan kurva atau stagnan dari sebelumnya. Kita perlu tahu status awalnya spt apa. Coba bunda lihat juga ya pengukuran 3 bln ke belakang. Atau jika blm pny data2nya maka plotkan mulai bulan ini hingga bulan februari 2017 dan lihat kecenderungan kurvanya spt apa.

Jadi,untuk menentukan status gizi anak perlu diketahui pengukuran2 sebelumnya dan bentuk kurvanya dari keempat kurva yg sdh ada.

2. Jika Hb rendah perlu diketahui anemia jenis apa, jika karena defisiensi zat gizi spt Fe atau asam folat dapat dibantu suplemen, jika krn sakit perlu ditangani.  Anemia dapat menurunkan nafsu makan dan bb naik sedikit. Jika ini ditangani harapannya status gizi akan membaik.

=====
PERTANYAAN: saya mau tnya, Nama: Astrid Anak umur 2 bulan perempuan ASI 20% Sufor 80%
Saya ingin tanya:
– anak saya setiap 1-1,5jam selalu lapar/haus utk itu saya sellau mmberikan susu botol 100-130ml sekali minum, pertanyaannya berapa ml dalam 24jam yg dbutuhkan anak umur 2bulan? Saya khwatir kl tdk trcontrol akan jd obesitas nantinyA

JABAWABAN:Terimakasih atas pertanyaannya, maaf apakah sufor diberikan dengan dot?  Jika ya, bayi selalu tampak lapar krn bayi mencari kenyamanan lewat hisapan, dot memenuhi rasa nyamannya sehingga bayi berlebihan diberikan asip/sufor jika kita berikan dengan dot.  Jika bunda berkenan kita bs kembali menyusui melalui program relaktasi, dot diganti dengan media lain yg lebih ramah menyusui spt sloki/cangkir kecil dimana bayi menjilat2 sendiri asip/sufornya.

=====
PERTANYAAN:
siwi -jogja: dr. Gita yang baik,
Apakah setiap kenaikan berat badan berbentuk kurva itu menandakan anak bisa Obesitas? Setelah melihat KMS putra saya saat lahir ada di persentil 50% dan saat ini usia 7bln 20 hari ada di persentil atasnya?

JAWABAN: Bagaimana bentuk kurva setelah lahirnya? Kurva panjang badan sesuai umurnya bagaimana apakah meningkat jg? Kurva lainnya meningkat jg? Jika ya bisa jadi normal bunda.

=====
PERTANYAAN: Perkenalkan sy Hana dari Subang.. Anak sy usia 15 bulan, BB nya saat ini sekitar 9,7 – 9,8 kg.. Tingginy 77 cm.. Apakah bb dan tb anak sy masih tergolong ideal? Skrg sedang sy  treatment minum air kunyit + madu setiap pagi (sudah 12 hari) karena sejak usia 7 bulan bb nya belum menginjak angka 10 ? Nah pas usia 10 bulan, pernah demam + muntah” , nah dari situ nafsu makan nya naek turun, tapi kebanyakan turun nya ? Apakah treatment yg sy lakukan sudah tepat? Krn cukup terlihat penambahan nafsu makan nya. Sebaiknya berapa lama sy lakukan treatment itu?

JAWABAN: Bunda yg sedang bersedih, yuk dilihat bentuk kurvanya spt apa. Kita tak bs menentukan status gizi hanya dari sekali pengukuran. Tujuan kulwapp kali ini agar ayah  bunda terbiasa memplotkan pengukuran di kurva2 sehingga jika kurva melenceng bisa segera ditunjukan ke nakes dan cari tahu sebabnya.  Jikalau, berat badan bayi bunda ternyata stagnan sdh 2 kali pengukuran perlu evaluasi bersama Sp.A, konselor laktasi dan mpasinya agar cari tahu sebabnya apa sehingga bs ditangani dengan tepat.  Jadi, cb dilihat lg kurva2nya ananda dari oktober hingga november ini apakah ada perubahan bentuk kurva?

=====
PERTANYAAN: Saya Fiera. Putri saya saat ini berusia 2 tahun 2 bulan dan sudah berhasil WWL sejak akhir November lalu.
Sejak 9 bulan s/d 19 bulan beratnya stagnan di 9 kg. Setelah berbagai pemeriksaan (rontgen, mantoux, screening lain2) anak saya mengidap TB paru dan pengobatan 6 bulan sejak 3 Mei s.d 3 Nov. Namun BB-nya saat ini 10.5 kg dg tinggi 80cm. Saat saya plotkan di aplikasi PRIMA dr IDAI (dg memasukkan faktor genetik) anak saya termasuk yg gizi perlu diperhatikan dan tingginya kategori pendek.
1. Apakah ada saran utk meningkatkan tumbuh kembang anak saya setelah ybs mengalami pengobatan dan tidak ASI. Krn pola makannya cenderung susah?
2. SpA yg menangani anak saya tidak menyarankan rontgen paska pengobatan TB, apakah hal tsb tidak apa2? (Boleh dihapus jk sekiranya pertanyaan ini melenceng). Terima kasih.

JAWABAN :  Terimakasih atas pertanyannya. Alhamdulillah bunda sudah perhatikan tiap perubahan kurva dan segera cari pertolongan. Terimakasih sdh berikan ASI selama 2 thn?.
Bunda, ananda baru selesai pengobatan TBnya perlu waktu bagi tubuhnya untuk kembalikan berat dan tinggi idealnya.
1. Bunda cb berikan makan dgn pola berikut :
a. Menu makanan keluarga artinya tekstur sdh spt makanan dewasa.
b. Frekuensi makan 3 kali makan besar dan 3 kali selingan padat kalori
c. Porsi makan 250 ml atau sepiring makannya
d. Komposisi makanan mengandung karbohidrat, protein hewani dan nabati, lemak tambahan dari butter/santan/minyak sayur 1 sdm per porsi makan, vitamin mineral dari sayur2nya

2. Rontgen pada anak perlu diperhatikan benar apakah perlu atau tidak, jika klinis saja sdh perbaikan maka rontgen bs tdk diperlukan.

=====
PERTANYAAN: Genes – semarang : Dok,mau tanya. Saya ibu 2 anak, keduanya memiliki masalah pertumbuhan pada usia 1-2 tahun. Anak pertama laki-laki, saat usia 1-2 tahun BBnya tetap di angka 11 jg. Anak kedua perempuan, saat usia 1-2 tahun BBnya tetap di angka 9,5 kg. Di usia tersebut anak susah sekali makan, sudah dicoba berbagai menu tapi anak tetap maunya asi saja. Jika melihat riwayat keluarga baik saya maupun ibu saya ternyata juga memiliki riwayat masa pertumbuhan yang bermasalah di  tersebut. Rencana saya masih ingin menambah anak lagi, bagaimana ya dok supaya pertumbuhan anak kelak tidak seperti itu lagi?

JAWABAN: Bunda yg baik, terimakasih pertanyaannya. Masa2 sulit makan memang bs terjadi dari anak hingga dewasa. Terkadang ada kalanya dia enggan makan tp makan adl kondisi alamiah yg terjadi yg dicetuskan lapar. Bagaimana jika dicari tahu sebabnya kenapa ananda blm mau makan? Apakah suasana makannya? Alat makannya? Menunya? Teksturnya? Jam makannya? In syaa Allah ada celahnya untuk dilihat kenapa anak blm mau makan. Coba jg periksakan ke sp.A ananda apakah ada kondisi medis yg menyebabkam nafsu makan menurun atau tidak.

=====
PERTANYAAN:
Selamat siang dok. Saya Ayu ibu dari anak laki2 umur 6bulan 2 minggu. Bb 8,2kg. P 67cm. Lingkar kepala 43cm. Saya mau bertanya. Anak saya baru mulai mpasi sekitar 2 minggu yang lalu. Pup tidak lancar 4-8hari belum pup. Awal mpasi langsung menu 4 bintang. Makan hanya sekitar 2 sendok makan orang dewasa. Anak aktif, perut tidak keras dan kembung. Apa yang harus saya lakukan dok agar cepat pup.? Saya khawatir. Apakah saya harus mengurangi seratnya? Terimakasih

JAWABAN: Selamat berMPASI 4⭐. Apakah ananda kesakitan tiap mau BAB? Sembelit diartikan bab keras,  nyeri dan sulit, frekuensi kurang dari 3 kali seminggu.*dr.Gita*

=====
PERTANYAAN:
3 Data  berturut-turut itu, ada rentang jeda waktunya kah? atau pengukuran per bulan (dilihat 3 bulan terdekat), atau 3 titik dr rentang sebulan diukur 3x (misal awal, tengah, akhir bulan?) Inaak, Jogja

JAWABAN: Misal dari berat lahir, 1 m, 2 m. Jadi berdekatan pengukurannya

=====
PERTANYAAN:
Perkenalkan sy Hana dari Subang.. Anak sy usia 15 bulan, BB nya saat ini sekitar 9,7 – 9,8 kg.. Tingginy 77 cm.. Apakah bb dan tb anak sy masih tergolong ideal?
Skrg sedang sy treatment minum air kunyit + madu setiap pagi (sudah 12 hari) karena sejak usia 7 bulan bb nya belum menginjak angka 10 ? Nah pas usia 10 bulan, pernah demam + muntah” , nah dari situ nafsu makan nya naek turun, tapi kebanyakan turun nya ? Apakah treatment yg sy lakukan sudah tepat? Krn cukup terlihat penambahan nafsu makan nya. Sebaiknya berapa lama sy lakukan treatment itu?

J: Bunda yg sedang bersedih, yuk dilihat bentuk kurvanya spt apa. Kita tak bs menentukan status gizi hanya dari sekali pengukuran. Tujuan kulwapp kali ini agar ayah  bunda terbiasa memplotkan pengukuran di kurva2 sehingga jika kurva melenceng bisa segera ditunjukan ke nakes dan cari tahu sebabnya.  Jikalau, berat badan bayi bunda ternyata stagnan sdh 2 kali pengukuran perlu evaluasi bersama Sp.A, konselor laktasi dan mpasinya agar cari tahu sebabnya apa sehingga bs ditangani dengan tepat.  Jadi, cb dilihat lg kurva2nya ananda dari oktober hingga november ini apakah ada perubahan bentuk kurva?

Lalu apakah treatment sdh tepat?
Sayang sekali blm ada ya bun vitamin dan sejenisnya yg nambah nafsu makan anak. Coba bunda nanti setelah lihat kurvanya bagaimana bentuknya, kalau bentuknya tidak sesuai spt melandai atau menurun, konsultasi dgn dokternya. Jika sdh mpasi pastikan asupannya sesuai kebutuhan anak, frekuensinya dan porsi bahkan teksturnya sesuai dgn usia anak. Berikan makanan padat kalori,misalnya tekstur makanan keluarga yg sesuai untuk usia 15 bulan, porsi sepiring terdiri dari sumber karbo,protein hewani dan nabati, lemak dan vitamin mineral. Variasikan menu, anak sulit makan bs krn bosan, berikan rasa yg menggugah selera anak. Semangat selalu ya bunda

=====
PERTANYAAN: Anak kedua saya berusia 16 bulan. Dua/tiga bulan terakhir pertambahan berat badannya kurang baik (kurang dari pertambahan berat minimal di kms dan sempat turun). Hal tersebut terjadi seiring dengan bertambahnya kegiatan anak saya dan sempat dibawa perjalanan jauh juga, dia baru bisa berjalan (sekitar 3 bulan terakhir) dan alhamdulillaah sangat aktif. Dia pun alhamdulillaah suka makan dan dapat dikatakan makannya lumayan banyak (perutnya sampai kencang setelah makan, kelihatan nya sangat kenyang) serta suka mengemil. Dulu, kakaknya juga begini. Pertambahan BB setelah mp asi kedua anak saya tidak sebaik saat masa asi eksklusif, padahal keduanya suka makan.

Apakah ada yang perlu saya khawatirkan terhadap anak yang walaupun berbadan langsing tapi aktif, ceria, dan makannya alhamdulillaah baik? Mengingat, kami sebagai orang tuanya juga tidak pernah gemuk sejak kecil.

JAWABAN : Alhamdulillah makannya baik ya bunda, cb dilihat jg kurva panjang badan dan berat sesuai panjang badannya jika semua oke tak perlu khawatir. Bunda bisa konsultasikan lbh lanjut  bersama Sp.A ananda

=====
PERTANYAAN:
1. bagaimana cara untuk menambah berat badan anak umur 5 thn, apakah ada jenis makanan atau suplemen untuk menambah bb.
2. untuk gagal tumbuh, diliat sampai umur berapa ?

JAWABAN:
1. Sayangnya blm ada suplemen2 macam itu ya. Kita bs bantu dengan berikan makan sesuai usianya:
a. Porsinya sepiring
b. Makanan tekstur biasa
c. Frekuensi 3 kali makan besar, 2-3 kali selingan padat kalori
d. Komposisi :karbo,protein hewani dan nabati,vitamin mineral dan lemak.

2. Gagal tumbuh terjadi ketika 2 kali pengukuran bb tdk mengalami kenaikan. Misal di 1m 4 kg dan di 2m msh 4 kg

=====
PERTANYAAN:
Saya mau bertanya dok,  usia 1 bulan 7 hari, Berat lahir 3.3 anak saya berat 3.7kg dan tinggi 57cm Pada saat usia 3minggu. Jika ingin mengikuti kurva di kms penambahan BB nya kurang 300gram, apakah mungkin karena panjangnya yang bisa dibilang lumayan tinggi dok? Atau keduanya harus berjalan beriringan? BB dan TB harus sesuai dgn kurva di kms atau bagaimana dok?

JAWABAN: Berat lahir 3.3, dia ada di persentil 50 ya; kalau kita lihat di kurvanya usia 1m harapannya bb 4kg-an.  Cb bunda tinjau jg kurva bb sesuai panjang badannya. Jika sama atau lebih rendah maka berat anak mesti dikejar sesuai kurvanya

=================

INFORMASI PEMATERI:

Nama : dr. Gita Tiara Paramita
Tugas : admin @tipsmenyusui dan WAG @tipsmenyusui, Konselor Laktasi di RS Swasta daerah Depok
Pengalaman : pelatihan konselor menyusui 40 jam WHO dari SELASI dan pelatihan MPASI PERINASIA
Disclaimer : Saya tidak memiliki kaitan dgn produsen sufor dan mpasi instan

Tata tertib Kulwap :
1. Sesi materi akan berlangsung terlebih dahulu
2. Sesi tanya jawab akan berlangsung kemudian dimana pertanyaan akan dikumpulkan oleh admin @Wasugi . Jadi silakan pertanyaan lsg disampaikan ke admin.
3. Jawaban akan diberikan kemudian.
4. Grup ini akan ada smp 3 hari ke depan, setelahnya akan dihapus.

Populer

Follow Us on Twitter