Banner

Tanya Jawab Alergi Pada Anak

dr. Kurniawan Taufiq Kadafi, Sp.A(K), M. Biomed

Tanya; Dok, anak kami setiap meminum susu sapi, memakan telor langsung muncul bisul atau jerawat di wajah atau leher, ini berlangsung sejak sekitar usia mpasi sampai skrang 4 tahun.. Anak kami full ASI 2 tahun.. Kira-kira apa penyebabnya dok? Karena saya saat ini sedang hamil anak ke2 Alhamdulillaah, dan berharap alergi kaka nya tidak terjadi lagi di calon anak kami.. Apa ada hubungannya dengan pola makan saya sewaktu hamil? Terima kasih dokter.. Jazaakumullah khoiron” (Ummu Ranna, Bekasi)

Jawab: Saya akan menjawab kasus diatas dengan prinsip yang terjadi pada anak-anak alergi.

1. Alergi adalah suatu reaksi tubuh ketika sistem kekebalan bereaksi berlebihan terhadap bahan atau substansi yang berbahaya. Substansi penyebab alergi itu disebut alergen. Macam macam alergen: serbuk sari, tungau di karpet, makanan berupa buah, susu sapi, telor ayam, seafood. Alergen lain bisa berupa obat-obat2an dan genom gigitan binatang. Jadi bila anak Ibu makan telor ayam dan minum susu sapi muncul alergi berati faktor alergen ya adalah susu sapi dan telor ayam.

2. Alergen pada tiap anak beda-beda. Misal si A makan ayam langsung gatal, tapi buat si B tidak muncul gatal, namun muncul sesak.

3. Alergi berhubungan dengan genetik dan lingkungan. Alergi dipengaruhi faktor genetik maksudnya diturunkan dari orang tua anak. Misal anak gampang batuk bila makan coklat, padahal orang tuanya tidak demikian. Namun orang tua sering bersin-bersin pada waktu terkena debu. Artinya orang tua punya bakat alergi terhadap debu, dan bakat alergi tersebut yang diturunkan kepada anak. Tidak harus sama dengan anaknya. Bila anda sedang hamil anak ke-2 bisa jadi anak anda alergi atau bisa juga tidak. Hal yang perlu diperhatikan ketika nanti lahiran adalah mengenali secara dini tanda alergi. Dan sebaiknya pilihan butirnya adalah ASI. Untuk mencegah alergi terhadap susu sapi.

Narasumber: dr. Kurniawan Taufiq Kadafi, Sp.A(K), M. Biomed

Perkenalkan Narasumber kita kali ini, beliau adalah dr. Kurniawan Taufiq Kadafi, Sp.A(K), M. Biomed atau yang biasa disapa dengan nama dr. Dafi adalah Dokter Spesialis Anak dengan Subspesialis Emergensi dan Rawat Intensif Anak. Beliau ini sangat aktif menjadi pembicara tentang kegawatan pada anak di tingkat nasional maupun internasional, beliau juga aktif *menulis buku*. Salah satu karyanya adalah buku “Mengatasi Gawat Darurat pada Anak” . Beliau juga menjadi relawan yang menangani kasus gizi buruk di Asmat, Gempa Lombok, dan Gempa Palu.. Emejing!!!

List KULWAP KEGAWATDARURATAN PADA ANAK:
1. Materi Kegawatdaruratan pada anak
2. Tanya jawab Gawat darurat pada bayi
3. Tanya jawab  Demam
4. Tanya jawab  Kejang dan tersedak
5. Tanya jawab  Alergi

Materi tambahan:
1. Alergi dan Menyusui
2. AMenyusui mencegah Alergi

Populer

Follow Us on Twitter

follow us