Banner

Tanya jawab Kegawatdaruratan pada anak : DEMAM

dr. Kurniawan Taufiq Kadafi, Sp.A(K), M. Biomed

Tanya: Adakah tanda fisik pada anak saat fase demam turun di hari ke 4?dalam artian nafsu makan.dsb (Zaenah nur aini s.sos, Sidoarjo jawa timur)

Jawaban: Fase Demam turun di hari ke 4 ini mungkin kalau bisa saya luruskan adalah demam pada Demam Berdarah Dengue. Tanda fase syok yang sangat berbahaya adalah ketika demam turun yang anak cenderung tidur terus, sulit dibangunkan, tangan, kaki dingin, muncul perdarahan misalnya BAB hitam, mimisan, gusi berdarah, anak bingung, tidak dapat berorientasi baik terhadap orang maupun tempat. Nafsu makan juga turun.. Itu tanda fase kritis/fase syok/fase demam turun

2. Penanganan demam / tatalaksana demam untuk d rumah bagaimana sebaiknya ya dok misal adakah aturan jika demam sudah d atas suhu 38 maka lebih baik d berikan obat atau d bawa k UGD jika demam sudah d atas 39 (NOVITA PUSPARINI, Batam (Kep. Riau)

3. Bagaimana penanganan demam yg tepat pada bayi? (Suhartia, Cilegon, Banten)

Tanya : Dok, untuk gejala demam yang biasa dinasehatkan orang tua dulu itu gak boleh mandi, bagaimana diketahui mandi boleh atau gak boleh dan apa ya hubungannya dok? (Saidah, Makassar, Sulawesi selatan)

Jawaban: Sebelum membahas tentang demam maka kita harus tahu suhu normal tubuh. Bila diukur di ketiak maka suhu normal adalah 36-37,5, bila diukur melalui mulut maka suhu normal tubuh adalah 36,7-37.7. Bila diukur melalui dubur maka suhu normal adalah 36,9-37,9. Penanganan demam secara umum pada anak:
– bila anak demam namun anak masih nyaman maka cukup di kompres air hangat. Gunakan air hangat suhu 29,4-32,2, mengompres menggunakan air hangat lebih efektif bila dibandingkan dengan menggunakan air dingin oleh karena air dingin akan merangsang penyempitan pembuluh darah. Keadaan ini akan menjadi sinyal menuju ke otak untuk menghasilkan panas lebih tinggi bila anak dikompres menggunakan air dingin.
– Selain mengompres untuk menurunkan panas atau demam dapat dengan menyeka atau bahkan memandikan anak bila anak mengalami hiperpireksia (suhu di atas 41,1 derajat Celcius).
– Obat penurun panas dapat diberikan bila suhu di atas 38,5, anak tidak nyaman, demam berefek merugikan misalnya anak kejang, dehidrasi. Maka penurun panas dapat diberikan. Bila penurun panas sudah diberikan namun belum turun juga maka dipertimbangkan di bawa ke IGD. Bila anak mengalami suhu tubuh lebih 41,1 maka secepatnya harus dibawa ke IGD karena keadaan ini adalah hiperpireksia dan merupakan keadaan gawat darurat.

DEMAM BERDARAH
Tanya: Anak saya 9 bulan usianya, kmrn sempat DBD.. pertanyaan saya : apakah benar jika sebelumnya sudah pernah terkena DBD jika kedua kalinya terkena DBD akan lebih parah? (Rany, Cibinong, Bogor jawa barat)

Jawab: Pada DBD dikenal teori Secundary Heterologus dimana bila seseorang terinfeksi virus dengue pada paparan kedua akan lebih berat gejalanya mengapa? Kita tahu bahwa jenis virus dengue ada 4 jenis, yaitu Den-1, Den-2, Den-3 dan Den-4.
Bila seseorang pada waktu infeksi pertama terinfeksi virus dengue Den-1 dan pada infeksi kedua juga oleh virus dengue Den-1 maka sistem Tubun sudah mempunyai memori antibodi, anak biasanya tidak sakit.

Namun bila pertama kali terinfeksi oleh virus Den -1 lalu kedua terpapar oleh virus Den-2 maka antibodi tidak akan mengenali virus Den-2. Yang terjadi tubuh terus dan terus menghasilkan antibodi dan berusaha mengenali Den-2 namun keadaan ini justru akan menyebabkan reaksi tubuh berlebihan sehingga wajar bola keadaan seseorang yang mengalami infeksi virus dengue lebih dari 1 kali berpotensi menjadi lebih parah. Kecuali terinfeksi oleh virus jenis yang sama.

Prinsip. Bila tubuh diinfeksi jenis virus dengue yang sama maka antibodi kita sudah memiliki memori jadi nggak sakit. Namun bila terinfeksi oleh 2 virus berbeda, maka tubuh akan berlebihan membentuk antibodi. Yang terjadi justru merusak bagian tubuh sendiri.
Oleh karena itu betul seperti pertanyaan ibu Rany

Tanya: Bagaimana cara pertolongan pertama pada para korban bencana yg terserang penyakit tersebut dbd pada saat korban medis belum dtg atau ketersedian obat yg tdk memadai karena pasti tdk setril dan kotor (Fajar, Jawa timur)

Jawaban: Pertolongan pertama pada seseorang anak dicurigai mengalami DBD adalah memberikan cairan minum air yang banyak terutama minuman manis. Karena pada fase kritis DBD (fase syok) terjadi kebocoran pembuluh darah yang hebat, sehingga sebagian cairan merembes keluar pembuluh darah.
Oleh karena itu penanganan pertama adalah memberikan cairan melalui minum.

Namun pasien tersebut mutlak atau harus dibawa ke IGD RS atau ke RS lapangan. Seperti di Lombok waktu gempa Kemaren maka kita buka RS lapangan bersama TNI. Jadi setelah ada tenaga kesehatan maka mutlak segera di bawa ke pusat kesehatan.

Dianjurkan seperti itu namun bila tidak ada yang penting minum yang banyak. Cuma sekali lagi harus segera dibawa ke RS untuk mendapat cairan infus

Tanya :  Adakah tanda khusus jika terkena DBD selain melalui tes darah? Karena jika di tes darah biasanya tdk langsung terlihat DBD? (Hafida Satya A, Gresik, Jawa Timur)

Jawab: Infeksi virus dengue atau DBD hanya bisa dipastikan dengan pemeriksaan darah. Pada hari ketiga biasanya trombosit mulai turun.
Pemeriksaan DBD sebenernya bisa menggunakan NS-1 yang bisa dilakukan 2 hari sebelum demam dan 2 hari setelah demam.
Dan bila positif berarti pasien terinfeksi Virus dengue atau menderita DBD.
Pemeriksaan bisa dengan Darah lengkap, IgM dengue dan IgG dengue serta NS-1. Hasil yang diharapkan dari darah lengkap leukosit menurun, trombosit menurun, limfosit naik, NS-1 positif, IgM dengue positif.

——

Narasumber: dr. Kurniawan Taufiq Kadafi, Sp.A(K), M. Biomed

Perkenalkan Narasumber kita kali ini, beliau adalah dr. Kurniawan Taufiq Kadafi, Sp.A(K), M. Biomed atau yang biasa disapa dengan nama dr. Dafi adalah Dokter Spesialis Anak dengan Subspesialis Emergensi dan Rawat Intensif Anak. Beliau ini sangat aktif menjadi pembicara tentang kegawatan pada anak di tingkat nasional maupun internasional, beliau juga aktif  menulis buku. Salah satu karyanya adalah buku “Mengatasi Gawat Darurat pada Anak” . Beliau juga menjadi relawan yang menangani kasus gizi buruk di Asmat, Gempa Lombok, dan Gempa Palu.. Emejing!!!

List KULWAP KEGAWATDARURATAN PADA ANAK:
1. Materi Kegawatdaruratan pada anak
2. Tanya jawab Gawat darurat pada bayi
3. Tanya jawab Demam
4. Tanya jawab Kejang dan tersedak
5. Tanya jawab Alergi

Materi tambahan:
1. Alergi dan Menyusui
2. AMenyusui mencegah Alergi

Populer

Follow Us on Twitter

follow us