Banner

Tanya Jawab Kegawatdaruratan pada anak : Kejang & Tersedak

dr. Kurniawan Taufiq Kadafi, Sp.A(K), M. Biomed

Tanya: Bagaimana pertolongan pertama pada anak kejang? (Hafida Satya A, Gresik, Jawa Timur)

Jawab : Cara menghadapi kejang pada anak:

1. Sebaiknya tetap tenang dan tidak panik.
2. Posisikan anak pada tempat yang aman, jauh dari tempat dan barang-barang berbahaya misalnya sumber listrik atau kaca.
3. Baringkan anak dalam posisi miring untuk mengantisipasi bila anak muntah agar tidak tersedak dan makanan masuk ke dalam paru.
4. Jangan memasukan benda apapun ke dalam mulut anak pada waktu anak kejang atau tidak sadar, misalnya sendok.
5. Jangan memberikan minum pada anak yang sedang kejang atau tidak sadar karena berisiko anak tersedak.
6. Jika sebelumnya anak pernah kejang dan telah mendapat obat antikejang maka berikan obat antikejang sesuai petunjuk dokter. Obat antikejang diberikan lewat dubur. Namun bila anak belum pernah kejang maka sebaiknya jangan memasukan obat antikejang tersebut. Sebaiknya segera bawa ke Rumah Sakit.

Tanya : “pertanyaaan pertama mengenai demam : anak saya javier waktu usianya 1,5th pernah demam,batuk pilek nah karna saya minim informasi dan saya ga pernah kasih obat ke javi waktu demam saya beli obat panas di apotik tanpa memeriksakan si anak ke dokter,waktu itu saya bener2 ga ngerti saya kasih obat ke javi yg usianya 1,5th obat panas itu cuma 0,5 ML pantes aja demamnya ga turun2 ,demam udh 3hran pas hr ke 3 gitu pagi2 javi kejang ga lama tp buat saya panik,akhirnya saya bawa keklinik..

pertanyaannya : kalau anak pernah kejang diusia 1,5th apakah kejang bisa berulang?sekarang usia javi 2,8bln…diusia sekarang javi jg sering demam tp ga lama paling 1/2 hr aja demamnya..pernah dibulan oktober demamnya sampe 2-3an gitu apa berbahaya ?atau tidak ya? (Hesti Agustina, Jakarta)

Jawab: Faktor-Faktor yang mempengaruhi kejang pada waktu demam atau kejang demam.
1. Faktor genetik, bila dalam keluarga ada yang pada waktu kecil mengalami kejang demam misal ayah atau ibunya maka dapat meningkatkan risiko untuk berulang ya kejang demam.
2. Bila keluarga mempunyai riwayat epilepsi maka akan meningkatkan risiko berulangnya kejang demam yang terjadi pada anak.
3. Kejang demam yang terjadi pada anak usia kurang dari 18 bukan meningkatkan risiko berulangnya kejang demam lagi.
4. Semakin rendah suhu tubuh pada waktu kejang, maka semakin sering berulangnya kejang demam
5. Semakin cepat timbulnya kejang pada saat anak demam, maka semakin tinggi risiko berulangnya kejang demam.

TERSEDAK
Tanya: Bagaimana cara mengatasi anak tersedak? Dan apa yang harus dilakukan terlebih dahulu saat anak tersedak? (Erien, Depok)
Jawab: Beberapa hal yang perlu dilakukan bila anak tersedak:
Jawab : Jika anak masih dalam keadaan sadar, refleks batuk masih baik maka sebaiknya segera bawa ke dokter atau IGD. Jangan melakukan apapun pada keadaan ini karena bila kita memanipulasi dengan mencoba mengeluarkan kadang membuat posisi sumbatan semakin sulit dievakuasi.

2. Jika anak tersedak dalam keadaan tidak sadar, tidak bernapas dan nadi tidak teraba maka lakukan resusitasi jantung paru (RJP)

3. Jika anak tersedak dalam keadaan sadar, tetapi tidak bisa melakukan batuk serta mengalami kesulitan bernapas maka
– minta bantuan orang untuk menghubungi ambulance 118.
– Keluarkan benda asing dengan teknis back low dan chest thrust. Untuk jelasnya silakan baca buku mengatasi gawat darurat pada anak (diskripsi gambar dan tulisannya saya tulis detail 😊).

————————–

Narasumber: dr. Kurniawan Taufiq Kadafi, Sp.A(K), M. Biomed

Perkenalkan Narasumber kita kali ini, beliau adalah dr. Kurniawan Taufiq Kadafi, Sp.A(K), M. Biomed atau yang biasa disapa dengan nama dr. Dafi adalah Dokter Spesialis Anak dengan Subspesialis Emergensi dan Rawat Intensif Anak. Beliau ini sangat aktif menjadi pembicara tentang kegawatan pada anak di tingkat nasional maupun internasional, beliau juga aktif *menulis buku*. Salah satu karyanya adalah buku “Mengatasi Gawat Darurat pada Anak” . Beliau juga menjadi relawan yang menangani kasus gizi buruk di Asmat, Gempa Lombok, dan Gempa Palu.. Emejing!!!

List KULWAP KEGAWATDARURATAN PADA ANAK:
1. Materi Kegawatdaruratan pada anak
2. Tanya jawab Gawat darurat pada bayi
3. Tanya jawab Demam
4. Tanya jawab Kejang dan tersedak
5. Tanya jawab Alergi

Materi tambahan:
1. Alergi dan Menyusui
2. AMenyusui mencegah Alergi

Populer

Follow Us on Twitter

follow us