Tanya Jawab : GAWATDARURAT PADA BAYI

  • 27 Desember 2018
  • 1,821 view
Tanya Jawab : GAWATDARURAT PADA BAYI dr. Kurniawan Taufiq Kadafi, Sp.A(K), M. Biomed

GAWAT DARURAT PADA BAYI

Halo dok, pertanyaan saya kondisi seperti apa yang bisa dikategorikan Gawat Darurat pada bayi baru lahir (Newborn) ? Bagaimana cara mengatasi bayi baru lahir dalam kondisi demam tinggi (diatas 38 derajat) dan menguning ? Terimakasih dokter. ( Clarissa Alrizkia Yachmans, Ketapang Kalimantan Barat)

Tipsmenyusui
Tipsmenyusui

Jawaban:
1. Kondisi kegawat daruratan pada bayi baru lahir, seperti yang saya jelaskan sebelumnya, bahwa keadaan gawat pada bayi baru lahir sangat dipengaruhi proses persalinannya. Beberapa keadaan gawat pada bayi baru lahir antara lain: sesak. Sesak pada bayi baru lahir ditandai dengan napas cepat, bayi merintih, tidak mau minum, ada tarikan pada dinding dada. Keadaan sesak pada bayi baru lahir biasanya terjadi pada bayi kurang bulan karena pembentukan organ belum sempurna terutama paru. Adanya infeksi ibu yang ter transfer kepada bayinya juga bisa menyebabkan radang paru (neonatal pneumonia). Infeksi pada bayi tidak melulu demam, kadang justru suhu tubuhnya di bawah normal. Selain sesak keadaan gawat darurat pada bayi baru lahir adalah kejang. Kejang sering terjadi akibat persalinan Pervaginam (persalinan tidak operasi) yang lama, kepala terjepit dijalan lahir. Selain itu bayi yang lahir di dukun dan tidak mendapat suntikan vitamin K juga sering mengalami kejang karena perdarahan otak. Kejang pada bayi baru lahir berbeda dengan kejang pada anak. Kejang pada bayi biasanya terjadi pada bagian tubuh tertentu misalnya mulut seperti mengunyah, kaki seperti mengayuh sepeda. Keadaan ini disebut subtle seizure. Bagian tubuh tertentu yang mengalami kejang pada bayi baru lahir disebabkan karena bagian otak belum sempurna secara keseluruhan. Keadaan gawat lain pada bayi baru lahir antara lain bayi mengalami biru pada mulut (bibir dan lidah) atau istilah dalam kedokteran disebut sebagai sianosis, perdarahan saluran pencernaan juga merupakan keadaan gawat pada bayi baru lahir, kuning Pada bayi baru lahir yang sangat juga bisa menyebabkan keadaan gawat bila kuning meracuni otak dan menyebabkan kejang (hiperbilirubinemia ensefalopati).

2. Penanganan demam pada bayi baru lahir tidak beda dengan anak-anak. Bila suhu di atas 37,5 cari sebab demamnya. Jangan-jangan kurang minum. Lihat kemampuan bayi minum. Karena demam biasa terjadi pada bayi yang mengalami dehidrasi (kekurangan cairan) namun bila demam di atas 38 cari kemungkinan sumber infeksi. Apakah anak batuk? Diare? Sesak?. Kompres menggunakan air hangat, pada lipat ketiak dan lipat paha. Pantau suhu terus jangan sampai anak mengalami hipotermia setelah anak di kompres. Pilihan kompres adalah air hangat. Obat penurun panas dapat diberikan jika anak tidak nyaman dan gelisah, demam mempunyai efek merugikan misal sampai kejang. Demam pada bayi kurang dari 28 hari, harus hati2 karena bisa jadi merupakan proses infeksi berat (sepsis). Kuning pada bayi baru lahir biasanya muncul mulai hari kedua atau ketiga, hal ini karena liver belum matang, ASI belum banyak keluar dan kadang bisa disebabkan karena ke tidak sesuaikan antara golongan darah ibu dan anak.

Narasumber: dr. Kurniawan Taufiq Kadafi, Sp.A(K), M. Biomed

Perkenalkan Narasumber kita kali ini, beliau adalah dr. Kurniawan Taufiq Kadafi, Sp.A(K), M. Biomed atau yang biasa disapa dengan nama dr. Dafi adalah Dokter Spesialis Anak dengan Subspesialis Emergensi dan Rawat Intensif Anak. Beliau ini sangat aktif menjadi pembicara tentang kegawatan pada anak di tingkat nasional maupun internasional, beliau juga aktif menulis buku. Salah satu karyanya adalah buku “Mengatasi Gawat Darurat pada Anak” . Beliau juga menjadi relawan yang menangani kasus gizi buruk di Asmat, Gempa Lombok, dan Gempa Palu.. Emejing!!!

List KULWAP KEGAWATDARURATAN PADA ANAK:
1. Materi Kegawatdaruratan pada anak
2. Tanya jawab Gawat darurat pada bayi
3. Tanya jawab Demam
4. Tanya jawab Kejang dan tersedak
5. Tanya jawab Alergi

Materi tambahan:
1. Alergi dan Menyusui
2. AMenyusui mencegah Alergi

Ditulis oleh: Admin GIM

Kami adalah yayasan non profit yang bergerak di edukasi pemberian nutrisi bayi dan anak sejak lahir hingga usia 2 tahun