Category Archives: Artikel

Agar ASI Cepat “Keluar”

stock-photo-happy-mother-breast-feeding-her-baby-infant-113110369

“Kapankah ASI saya akan keluar?” “Bagaimana agar ASI saya cepat keluar setelah melahirkan?”

Pertanyaan-pertanyaan ini cukup sering ditanyakan ketika seorang ibu baru melahirkan. Tak jarang hal ini menyebabkan rasa was-was pada si ibu, bahkan keluarga besar. Mengetahui dan memahami bagaimanakah sebenarnya cara ASI diproduksi dan cara ASI dikeluarkan akan membuat kita lebih tenang dan percaya diri.

Manfaat menyusui dari berbagai aspek

menyusui-bayi

Keunggulan dan manfaat menyusui dapat dilihat dari beberapa aspek yaitu: aspek gizi, aspek imunologik, aspek psikologi, aspek kecerdasan, neurologis, ekonomis dan aspek penundaan kehamilan.

Menyusui, budaya turun temurun atau kebutuhan?

wasugi

Saat kita bertanya kepada kawan atau kerabat “Mengapa menyusui?” mungkin jawaban singkat akan kita dapat, yaitu “Karena ini sudah menjadi tradisi”. Tradisi memang sebuah produk dari kehidupan, interaksi antara manusia menghasilkan satu gagasan bersama yang membuahkan paradigma plural, itulah realitas kehidupan. Intuisi lahir sebagai landasan pokok pengetahuan baik dan buruknya realitas kehidupan dan alam semesta. Ini terlahir karena usaha manusia untuk memahaminya. Meskipun pada akhirnya manusia hanya mengira-ngira tanpa memahami mengapa harus memberikan ASI bukan makanan lain, misalnya. Permasalahannya akan pelik apabila manusia melakukan satu tradisi tanpa mengetahui alasan dibalik itu sehingga diperlukan sebuah kajian filosofis mengenai pentingnya menyusui.

Zat-zat pembunuh kuman yang ada di dalam ASI

menyusui

Ketika berbicara tentang air susu ibu (ASI) kita tidak akan pernah berhenti untuk mengagumi, bersyukur, dan berdoa semoga kita dapat memberikan ASI, sehingga semua kebutuhan bayi dapat terpenuhi dan tumbuh menjadi bayi yang sehat, berbudi, solih/solihah. Maka tidaklah berlebihan ketika orang mengatakan ASI adalah cairan mukjizat.

ASI Mencegah Penyakit Infeksi dan Alergi

Bayi Sakit, foto: intasberita.com

Tidak diragukan lagi air susu ibu (ASI) memang mampu melindungi bayi kita dari berbagai penyakit infeksi dan alergi. Banyak penelitian di berbagai negara maju maupun negara berkembang telah memberikan bukti kuat bahwa ASI menurunkan angka kejadian maupun derajat berat berbagai penyakit infeksi, termasuk di antaranya diare, infeksi saluran napas, otitis media (infeksi telinga tengah), infeksi saluran kemih, meningitis bakteri (infeksi selaput otak karena bakteri) serta sepsis (infeksi berat di berbagai organ tubuh) pada bayi baru lahir. Penyakit alergi pada anak sebagian besar diawali oleh alergi terhadap makanan (susu). Susu sapi merupakan bahan dasar hampir semua susu formula bayi.