Menyusui di Tempat Umum

Menyusui di tempat umum - foto: joannagoddard.blogspot.com

Pada awal menyusui aktifitas kita relatif terbatas, kita mungkin tidak terlalu mempermasalahkan kenyamanan menyusui, tetapi dengan bertambahnya umur bayi dan meningkatnya mobilitas tidak menutup kemungkinan kita akan bepergian dan menyusui di tempat ramai, seperti stasiun, mall, atau bahkan di kantor. Tidak semua ibu merasa nyaman ketika menyusui di tempat umum, meski sebenarnya tidak ada yang perlu dihawatirkan, ketika kita mencoba ragam cara agar mudah dan nyaman.Bagaimanapun menyusui di tempat umum membutuhkan trik dan praktik sehingga kita percaya diri dan melakukannya dengan mudah dan praktis. Satu, dua kali melakukannya di depan umum dapat memberi kita pengalaman sehingga tidak menjadi canggung untuk kali berikutnya.

Berikut beberapa tips yang disarikan dari www. nhs.uk dan breastfeeding-magazine.com :

Pertama, persiapkan dengan baik. Sebaiknya kita mengetahui dengan baik spot-spot tertentu di tempat tujuan kita yang dapat kita gunakan untuk menyusui kita bayi merasa lapar. Kita dapat bertanya kepada kawan atau sesama ibu menyusui sehingga cukup terinformasi ketika kita harus menyusui .

Kedua, memakai pakaian yang memudahkan kita untuk menyusui, dewasa ini kita dapat dengan mudah mencari pakaian menyusui yang nyaman sesuai selera kita. Pakaian yang nyaman untuk menyusui membuat kita tenang ketika sewaktu-waktu harus menyusui.

Ketiga, memakai apron, ketika kita akan menyusui apron atau kain penutup yang nyaman dapat kita gunakan sebagai cara untuk menutupi bagian tubuh kita, tetapi bayi tetap dapat dengan nyaman menyusu. Sekarang sudah banyak produk apron di Indonesia dengan berbagai variasi dan model yang sesuai dengan selera kita.

Keempat, gunakan gendongan jika dibutuhkan, beberapa ibu merasa lebih nyaman ketika menyusui dengan bantuan alat gendong, cari yang sesuai dan nyaman untuk ibu dan bayi.

Kelima, ajak keluarga atau kawan yang dapat menemani dan membuat kita lebih santai saat menyusui.

Keenam, jangan berfikir untuk menyusui di toilet, kita sepakat bahwa kita tidak menyukai produk yang dibuat di toilet, begitu juga dengan bayi.

Sebagai tambahan, kita dapat melihat atau memperhatian ibu lain ketika mereka menyusui di depan umum. Ketka kita bersama sesama ibu menyusui, mereka akan sangat welcome berbagi informasi menyusui dan cara menyusui sesuai pengalaman mereka.

Ada yang punya pengalaman? Mari berbagi … silahkan tulis dalam komentar.. J semoga membantuu..

Comments

comments