Banner

Sharing: Tips Awal Memberi MP-ASI

materi dasar menyusui dan pemberian makan bayi

πŸŽ“ Tips oleh Retno Wulandari

Pertama kasih Mpasi Malik langsung 4*.
Nasi, bayam, tahu, daging sapi. Dihaluskan semua.

Alhamdulillah lancar.

Waktu itu 4-5 hari sebelum Idul Fitri, nah kami mudik ke Cimahi. Menu Malik pun mengikuti apa yang ada di stok saja. Karena tukang sayur dkk sudah liburan mudik. Wortel, labu siam, daging sapi, daging ayam, tempe, tahu, kacang merah, kacang hijau, dll dll.

Pernah juga dikasih opor ayam setelah Lebaran. Pernah juga dikasih instant karena kami harus pergi keliling2 rumah saudara2 utk silaturahmi. Alhamdulillah mau. Pernah sembelit juga saat 1 minggu pertama Mpasi, diatasi dengan buah naga dan pepaya.

Secara umum, Malik tidak picky terhadap makanan. Manis, gurih, hambar, tetap dimakan. Kering maupun berkuah.Β  Yang jadi masalah: mainan/hiburan yang tepat saat makan. Kalau senang dan fokus sama mainan yang dia pegang, MalikΒ  lancar makan.

Mainannya apa saja? bisa tutup gelas, gelas plastik, sendok plastik, mobilan, tutup panci, mangkok plastik, roda stroller yang dibalik, etc etc.

Menu Malik seringnya ikut menu masakan rumah. hanya masaknya dipisah karena bumbunya hanya bawang merah, garam seiprit, jahe, kadang lengkuas. Aku jarang pakai Unsalted Butter (UB), belom pernah pakai minyak zaitun (olive oil), kadang pakai keju. Lebih sering pakai bahan yang sehari-hari ada di rumah dan di tukang sayur aja.

Teksturnya naik secara bertahap, tapi kadang turun lagi. hehe.

GTM? pernah. modelnya, mangap tapi trus dilepeh. Ya sempat bingung apa yang salah. Diobservasi saja, apakah rasa, tekstur atau suasana atau cara makannya yang ingin berubah/divariasikan.

Apapun masalahnya, yang penting kita semangat cari solusi 😘

πŸŽ“ Tips oleh Rimba (unda Esha-Andin)

Awal mpasi Andin saya mulai umur 6bln kurang 2hri. Menu yg saya berikan kentang,labu,telur,kcang merah ditambah dg kaldu ceker. Bahan saya kukus trus disaring,ditambah dg kuah ceker. Penyajian saat msih hngat,jdi tercium tu bau sedapnya 😬😬

Alhamdulillah tnpa drama penolakan dri Andin,lngsng abis dalam wktu 10menit sja 😁

Posisi andin ketika makan,saya letakkan di bouncer dg posisi agak tegak (soalnye blum beli kursi makan saat ituπŸ˜…) ,sebelum makan saya ajak ngomong dlu,qta maem ya dik,biar badan adik sehat,jdi anak pinter,sholehah ya…Trus berdoa. Alhamdulillah lahap 😊😊

Aq dri anak pertama slalu memulai segala aktivitas dg sounding terlebih dahulu bund,memulai awal mpasi ini saya sounding sejak Andin umur 5bln. Entah ngerti ato g ,alhamdulillah awal mpasi tanpa drama telenovela😬😊

πŸŽ“ Tips oleh Zakkiyah Ahsanti (Bunda Aresha)

Awal-awal memberi MPASI sih aku deg2an, karena Aresha kan tipe bayi yg Alergi an jd deg2an juga pas ngasih MPASI. Dan susah naik BB nya. Awalnya mau coba menu tunggal dulu, tp stlh gabung di grup ini jd tercerahkan dan langsung coba 4 bintang. Alhamdulillah ga keluar alergi nya smpe skrg (6mo 3we). Menu tunggal di pakai untuk pure buah2an sebagai selingan aja.
Pertama :

  1. Siapkan mental karena anak baru belajar dan ga gampang, dan benar saja emak bikin makanan sejam cuma di makan 5 sendok. Tarik nafas dalam (inhale-exhale) buat berjuang lagi kasih menu baru. 2 minggu pertama penuh derai air mata,Β  tp setelah itu mulai lahap Alhamdulillah..
  2. Siapin Food Processors, Aresha pake yg Richell Food Processors, jd bikin makanan Aresha semua pake ini, jarang pakai yg blender/slowcooker krn bunda nya kan mah ga kerja jd masaknya santai. Trus,Β  aresha kurang suka makanan yg ga ada tekstur nya makanya jarang pakai blender.
  3. Jangan lupa alat makan yg warna warni, Aresha pake yg pigeon campur tupperware. Aresha klo makan smbil mainan alat makan juga yg berwarna warni.
  4. Food container buat simpen2 MPASI,Β  kaldu ayam/daging. Daging/ayam/ikan dincincang trus di rebus/kukus simpen kulkas.
  5. Beli slaber/bib yg ucu unyu,Β  biar bs sambil main pas nyuapin. Dan sangat berfungsi buat mengurangi kotornya baju saat makan..hehe
  6. Beli unsalt butter,Β  buat numis2 dan ini nambah rasa buat masakan,Β  jd lbh enak aja klo pk ini. Klo UB abis,Β  baru pake Evo buat tambahan lemaknya(tp evo ga bs buat numis).
  7. Siapin dua buah pisau,Β  dua buah talenan dan panci khusus buat masak MPASI (ga campur sm yg lain2)

Yg perlu di pahami,Β  sprti pd sekapur sirih grup ini adalah metode aktif-responsif. Kenali respon anak,Β  aktif bunda nya memenuhi kebutuhan anak. Seperti porsi nya klo udah ga mau jangan di paksa, tekstur juga di perhatikan apa trlalu kasar/cair/lembut. Waktu pemberian makan juga penting,Β  klo Aresha ngantuk ujung2nya cuma GTM aja. Trus bayi itu juga punya selera,Β  makanya smpe skrg saya me list makanan yg dia lahap dan makanan yg bikin dia tutup mulut.

Aresha ini lahir BB 3450 gram sblm MPASI (6bln) 6500gram. Pas MPASI sebulan pertama blm nimbang lg niih doakeun ya.

πŸŽ“ Tips oleh Lina Sellin

Rasanya dag-dig-dug waktu pertama kali ngasih Keanu MP-ASI. Meski sudah baca ini-itu terkait makanan yg baik dan cocok utk lidah si kecil, tapi tetap saja rasa “takut” salah “menu” dan “tekstur” itu menghantui. Dan, benar saja. Hari pertama makan, anakku terlihat gak semangat. Bukan cuma “hoek”, tapi juga menutup rapat mulutnya. Mingkem. Kem kem kem.

Nah, saya dan suami pun langsung mereview semuanya. Dari mulai jenis menu, tekstur, hingga jam makan.

Ya, jam makan. Waktu itu kami kira bahwa si kecil dikasih makan harus tepat waktu, 3 kali makan besar dan 2 kali ngemil buah. Plus, di waktu yg standar (sarapan-siang-sore). Nah selidik demi selidik, ternyata kami keliru mengenali “jam makan” dan “cara makan” anak kami.Β  Keanu ternyata senengnya makan dengan cara ngemil, dan bukan di jam dia ngantuk. Artinya, sedikit demi sedikit tapi sering. Persis kayak orang dewasa ngemil πŸ˜€.

Sambil main, saya suapin. Istilah kata, nunggu dia “lupa”, baru deh mau mangap mulutnya πŸ˜ŠπŸ˜πŸ˜€. Alhamdulillah dengan metode fleksibel dan di luar jam tidur dia, BB Keanu naik drastis. BL 2,7kg skrg 9 bulan 1 minggu 9,5 kg. 😍

πŸŽ“ Tips oleh gita indy (Mama Nau)

πŸ› Emak harus suuuper excited bahagia menjelang masa mpasi anak! Yakin kalau it will be soooooo fuuun! Hihi

πŸ› Sebulan sebelum mpasi sudah mengenalkan makan ke anak: duduk makan bersama, perlihatkan ke anak ekspresi makanan lezat, sampai lebay deh ekspresinya, tunjukkan ke anak bagaimana cara memasukkan makanan ke mulut, dsb

πŸ›Sounding ke anak bahwa ia akan memasuki tahap kehidupan baru yang sangat menyenangkan: makan! Sounding lezatnya makanan, nikmatnya makan bersama, sunnahnya makan di kursi, dsb

πŸ› Doa Doa Doa! Ya Allah mudah2an Nau mau, bisa, dan bahagia makaaan! ❀

πŸ› Masak dgn bahagia

πŸ› Ceritakan ke anak bahwa Mama abis masak.
“Tadi Mama belanja sayur dulu biar bisa masakin Nau, nih udah jadii hihi enak yaa baunyaa”

πŸ› Beritahu ke anak apa yang akan dia makan.
“Nau, ini Mama masak nasi, sup wortel buncis tomat pakai daging dan tahu putih. Rasanya enak in syaa Allah. Kalau makanan ini baik utk Nau, dimakan sampai habis ya ❀”

πŸ› Libatkan anak makan bersama

πŸ› Tunjukkan wajah bahagia banyak senyum ibuk yang nyuapin (atau mungkin yg nemenin, jika BLW) selama makan

πŸ› Beri pujian ke anak setiap makanan masuk ke mulut dan setelah selesai makan

πŸ› Siaga bapak joget2 depan anak 🀣 (kemarin awal2 gini, makin kesini ndak)

πŸ› Coba semua tekstur, hr 1 ditumbuk2 aja menu 4* nya tp gagal masuk mulut, akhirnya bsknya puter otak, ganti menu 4*nya, diblender mau! Fiuh.

πŸ› Rajin belajar 🀣 ini penting. Pokoknya harus rajin cari tau entah dari baca2 sumber yg terpercaya, tanya ke ahli, lempar ke grup ini hehe, atau apakek, pokoknya wajib berilmu bgt si emak2 pra mpasi anak πŸ’ͺ🏿

Populer

Follow Us on Twitter

follow us