Banner

Tanya Jawab ASI : Bayi Enggan Menyusu

Sumber gambar : http://mobimotherhood.org

Tanya :

Saya ibu muda yang baru punya bayi usia 11 minggu. Untuk beberapa hari ini bayi saya jadi malas menyusu walaupun dia sudah haus. Saya pikir karena kecapekan setelah dari luar kota lalu saya bawa untuk pijat bayi, tetapi masih sama saja. Biasanya minum ASI sehari bisa 7-8 kali. Kemarin cuma 4 kali. Kalaupun sudah benar-benar haus itu hanya payudara yang kanan, yang kiri hanya sebatas di bibir. ASIP dalam dot pun tidak mau. Selalu menolak sampai menangis dan menendang-nendang kaki. Saya coba untuk pindah tempat, merubah posisi. Mau minum tapi cuma sebentar. Mohon solusinya, terima kasih.

Bunda Ayusinta

Jawab :

Hai Bunda Ayusinta…

Sebelumnya, selamat ya karena Bunda sudah menyusui bayi Bunda, ASI terbaik untuk bayi, mengandung nutrisi juga cinta di dalamnya :).

Bayi enggan menyusu adalah kondisi yang sering kali membuat kita khawatir ya… Ada beberapa macam alasan bayi menolak/enggan menyusu, di antaranya adalah saat terjadi perubahan pada situasi yang dialaminya. Di kasus bayi Bunda mungkin saja pergi keluar kota adalah pemicunya.

Menyusu hanya 4 kali itu untuk berapa lama? Umumnya bayi dapat mencukupi kebutuhannya jika menyusu sekurang-kurangnya 8 kali setiap 24 jam (sehari semalam), dengan jadwal sesuka bayi.

Kita dapat mengecek apakah asupan bayi sudah cukup dengan mengecek jumlah pipisnya, kalau lebih dari 6 kali setiap 24 jam dan tidak pekat artinya bayi sudah mendapatkan cukup ASI yang dia butuhkan. Biasanya akan lebih mudah untuk observasi jika sementara bayi menggunakan popok kain.

Apa yang Bunda lakukan mencoba posisi lain yang lebih nyaman untuk bayi sepertinya sudah cukup membantu ya, menyusui bayi sambil digendong dan diayun pelan juga bisa dicoba.

Kontak kulit ibu dengan bayi pun biasanya akan meningkatkan lagi minat bayi untuk menyusu. Bunda bisa mencoba untuk meletakkan bayi di dada Bunda, bayi hanya menggunakan popok, kulitnya bersentuhan dengan kulit dada Bunda tanpa penghalang, sesering mungkin. Untuk membuat bayi makin nyaman Bunda dapat mengajaknya bercakap-cakap, bersenandung, mendekap dan mengelusnya.

Kita juga perlu menyingkirkan adanya kondisi medis yang membuat bayi enggan menyusu, jika kondisi ini berlanjut Bunda perlu memeriksakannya ke dokter anak.

Jika Bunda merasa perlu menyediakan media lain untuk memberikan ASI di rumah, gelas atau sendok adalah media yang disarankan, yang biasanya tidak mengganggu selera dan cara bayi untuk menyusu.

Sekian dulu Bunda, semoga bermanfaat, selamat menyusui 🙂

dr. Fitra SI, IBCLC
Relawan Gema Indonesia Menyusui
Konsultan laktasi RS Pertamedika Sentul dan RS PMI Bogor

Sumber gambar : http://mobimotherhood.org

Populer

Follow Us on Twitter