Variasi Jenis ASI

  • 9 Desember 2019
  • 235 views
Variasi Jenis ASI ASI perah di dalam kulkas

ASI tidaklah statis, pada setiap masa dia berubah, ASI memiliki ragam dan jenisnya dan setiap jenis memiliki kelebihan dan

Kok kuning? Basi ya? Kok bening? Kok kental? Pertanyaan wajar karena tak kenal, nah mari mengenali ragam dan rupa ASI agar semakin akrab, TAK KENAL MAKA KENALAN YUK

Ragam ASI kita

Kolostrum

Ilmu pengetahuan terbaru menemukan bahwa kolostrum memiliki komposisi yang istimewa, sama sekali bukan susu basi, dan sesuai dengan kebutuhan bayi saat baru lahir.

Spesifikasi KOLOSTRUM:

Warna kolostrum berwarna kuning sebagian mendapati kolostrumnya berwarna agak kecokelatan. Warna kuning tersebut mungkin terus berlanjut sampai masa ASI transisi, sekitar 10 hari pasca melahirkan.

Kolostrum sudah diproduksi sejak kehamilan usia 12-16 minggu.

Baca Juga: Kapan ASI Mulai Diproduksi?

Bentuknya cairan kental berwarna kekuningan.

Jumlahnya selama 3 hari pertama bervariasi, sekitar 2-20 ml setiap kegiatan menyusui. Memang tidak banyak, tetapi itulah yang paling sesuai dengan kebutuhan bayi saat ini.

Fungsi KOLOSTRUM:

Kolostrum berguna sebagai perlindungan terhadap bayi dari dunia luar yang penuh dengan kuman

Kolostrum kaya akan antioksidan, antibodi, immunoglobulin– terutama sIgA–juga interferon, antivirus yang kuat.

Baca Juga: Bagaimana ASI Diproduksi?

Kolostrum juga bersifat laksatif. Kolostrum membantu dalam‘membersihkan’ usus bayi. BABbayi ikut membuang bilirubin,mencegah kadarnya terlalu tinggi di dalam tubuh bayi.

Kolostrum juga berkontribusi dalam pembentukan pertahanan saluran cerna oleh flora normal–atau biasa disebut ’bakteri baik’–bifidobacteria yang mencegah tumbuhnya kuman penyebab penyakit

ASI Transisi

Setelah kolostrum keluar, akan keluar ASI yang berwarna putih kadang tampak kental kadang cair.

ASI matang

ASI matang muncul setelah ASI transisi, ASI matang akan keluar kurang lebih di hari ke 3-5. Semakin cepat payudara disusukan dan atau diperah untuk mengeluarkan kolostrum, semakin cepat ASI matang diproduksi. ASI matang menetap hingga masa menyusui selesai.

Warna ASI matang pun bisa saja berwarna kuning ketika ibu mengkonsumsi makanan, minuman, atau suplemen yang berwarna kuning.

Ukuran Lambung Bayi Baru Lahir

  • Hari ke-1: 5-7 ml, sebesar kelereng, kacang hazelnut, atau bidal. Dalam rahim bayi menelan cairan amnion, satu kali tegukan tiap beberapa saat. Itu sebabnya volume lambung hanya seukuran satu atau dua kali tegukan. Jumlah kolostrum sesuai dengan kemampuan lambung bayi menampung.
  • Hari ke-3: 22-27 ml, sebesar kepalan tangan bayi atau kelereng besar.
  • Hari ke-10: 45-60 ml, sebesar biji walnut, bola golf, atau bola ping pong.
  • Dewasa: 900 ml, seukuran 2 cangkir, sebesar jeruk bali, bola softball, bola tenis, atau kepalan tangan orang dewasa.

Asupan rata-rata bayi baru lahir per sesi minum:

  • Hari pertama (24 jam pertama), 2-10 ml
  • Hari kedua, 5-15 ml
  • Hari ketiga, 15-30 ml
  • Hari keempat, 30-60 ml

Baca Juga: ASI di awal kelahiran

Ditulis oleh: dr. Gita

Seorang dokter umum dan konselor menyusui, aktif sebagai konselor menyusui sejak tahun 2010, salah satu inisiator dan pendiri GIM.